Selasa, 28 Februari 2012

Kebutuhan Manusia


Pengertian Kebutuhan Manusia

Kelangsungan hidup manusia tergantung pada pemenuhan kebutuhan manusia. Masalah pokok dalam kehidupan manusia adalah bagaimana manusia mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, agar kelangsungan hidupnya tetap terjaga. Kebutuhan manusia juga menjadi faktor utama yang menggerakan perekonomian masyarakat. Mengapa demikian? Penjelasan tersebut dapat menggunakan contoh sebagai berikut. Misalnya : untuk memenuhi akan pakaian, kita membutuhkan penjahit tidak hanya penjahit saja, tapi juga membutuhkan mesin jahit, bahan kain, benang, pewarna skain, kapas, dan masih banyak yang lainnya.
Kebutuhan manusia manusia dapat didefinisikan sebagai suatu rasa yang timbul secara alami dari dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya.

Macam – Macam Kebutuhan Manusia

Beragamnya kebutuhan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam, adalah sebagai berikut :

Kebutuhan menurut Intensitas Kegunaan.
Pengelompokkan kebutuhan menurut intensitas kegunaannya di dasarkan pada prioritas atau tidaknya suatu kebutuhan tersebut bagi kehidupan seseorang. Menurut tingkat pentingnya kebutuhan dapat dibedakan sebagai berikut :
§  Kebutuhan Primer
Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang paling penting untuk dipenuhi agar tetap hidup dan bisa beraktivitas. Sifatnya wajib dipenuhi contohnya : makanan, pakaian, dan perumahan.
§  Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan Sekunder disebut juga kebutuhan kultural, yaitu kebutuhan yang timbul bersamaan dengan meningkatnya peradaban manusia. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, dan kebutuhan untuk menunjang kehidupan seseorang. Contoh alat-alat rumah tangga, sepeda, televisi, dan lain-lain.
§  Kebutuhan Tersier
Kebutuhan Tersier adalah Kebutuhan manusia yang ditujukan untuk kesenangan hidup manusia. Kebutuhan ini sifat pemenuhannya tidak terlalu penting, pelengkap, dapat di tunda, pemenuhan Kebutuhan akan barang-barang mewah dan bertujuan untuk meningkatkan status seseorang dalam masyarakat. Contoh : mobil, perhiasan, sepeda motor, vila, dan lain-lain.

Kebutuhan menurut Bentuk dan Sifatnya.

Menurut bentuk dan sifatnya kebutuhan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
§  Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani atau kebutuhan materil berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan yang berhubungan dengan fisik manusia, yaitu untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Contoh kebutuhan jasmani  adalah makanan sehat untuk pemebentukan sel-sel tubuh dan energi untuk beraktivitas, pakaian dan kosmetik untuk menjaga penampilan, dan olahraga untuk menjaga stamina.
§  Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kejiwaan dalam diri seseorang. Kebutuhan rohani disebut juga kebutuhan spiritual karena diperlukan untuk memenuhi keperluan rohani, jiwa, atau pikiran seseorang untuk mendapatkan kepuasan batin. Contoh kebutuhan rohani adalah rekreasi, pengetahuan, dan ibadah.

Kebutuhan menurut Subjek.

Penggolongan kebutuhan ini didasarkan pada siapa yang membutuhkan, yaitu sebagai berikut.
§  Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu muncul berdasarkan latar belakang masing-masing orang yang berbeda, seperti pendidikan, pekerjaa, umur, dan lingkungannya. Misalnya, kebutuhan antara seorang anak laki-laki berbeda dengan kebutuhan anak seorang perempuan, kebutuhan seorang siswa sekolah kejuruan berbeda dengan kebutuhan seoran mahasiswa.
§  Kebutuhan Kelompok
Kebutuhan kelompok / kebutuhan kolektif meliputi kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama. Kebutuhan ini muncul pada sekelompok orang dan dilakukan oleh sekelompok masyarakat secara bersama-sama. Contoh fasilitas umum : jalan, rumah sakit, terminal, keamanan, dan kebersihan umum.

Kebutuhan menurut Waktu.

Kebutuhan menurut waktu dapat dikelompokkan menjadi sebaga berikut.
§  Kebutuhan Sekarang
Adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan harus mendapat prioritas untuk segera dipenuhi. Kebutuhan ini bersifat mendesak dan tidak dapat ditunda pemenuhannya. Jika kebutuhan ini tidak segera dipenuhi dapat menimbulkan kerugian dan berpengaruh pada kelangsungan hidup seseorang yang bersangkutan. Kebutuhan sekarang umumnya bersifat rutin dan merupakan kebutuhan pokok yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia. Misalnya, obat saat sakit, makanan dan minuman sat lapar.
§  Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang pemenuhannya akan dilakukan di masa yang akan datang. Kebutuhan ini umumnya bisa dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Pemenuhan kebutuhan masa depan dapat dilakukan dengan menabung dan asuransi. Misalnya, kebutuhan pendidikan anak, memiliki rumah sendiri, memiliki mobil.   

Kebutuhan menurut Wujud.
Kebutuhan menurut wujud dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut.
§  Kebutuhan materiil yaitu kebutuhan berupa barang-barang yang dapat diraba dan dilihat. Contoh buku, sepeda, komputer, rumah, pabrik, dsb.
§  Kebutuhan imateriil yaitu kebutuhan yang tidak berwujud. Contoh keamanan, keadilan, kesehatan, kebebasan, pendidikan dsb.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia sangat beragam dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor tersebut.
1.       Penghasilan yang diperoleh
2.       Umur
3.       Pendidikan
4.       Iklim
5.       Kebudayaan dan Adat Istiadat
6.       Kemajuan Peradaban
7.       Jumlah penduduk
8.       Promosi Produk atau Iklan

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih kka buat informasinya
^_^

Posting Komentar