Selasa, 01 Oktober 2013

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI


PANCASILA
Dari segi etimologi Pancasila terdiri dari dua kata yaitu: Panca dan Sila. Dimana panca berarti “lima” dan sila berarti tingkah laku yang baik. Jadi pancasila yaitu: lima tingkah laku yang baik. Dari segi terminologi pancasila mempunyai pengertian sebagai nama dari lima dasar negara Republik Indonesia. Pancasila berarti lima dasar/lima asas yang merupakan kepribadian Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sejarah lahirnya Pancasila
·         Tanggal 7 September 1944 : pemberian janji kemerdekaan oleh perdana menteri jepang
·         Tanggal 29 Mei 1945 : perumusan falsafah pancasila oleh Muh. Yamin
·         Tanggal 1 Juni 1945 : hari lahir pancasila
·         Tanggal 18 Agustus 1945 : penetapan pancasila sebagai dasar negara
Butir-butir Pancasila : (download lengkap)
·         Sila pertama: terdiri dari 7 butir
·         Sila kedua : terdiri dari 10 butir
·         Sila ketiga : terdiri dari 7 butir
·         Sila keempat : terdiri dari 10 butir
·         Sila kelima : terdiri dari 11 butir
Fungsi Pancasila
1.      Sebagai dasar negara RI
2.      Merupakan jiwa dan kepribadian bangsa
3.      Pandangan hidup atau falsafah hidup bangsa

IDEOLIGI
Dari segi etimologi Ideologi beasal dari dua kata yaitu: “Idea” yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita. Dan “logos” yang berarti ilmu. Maka secara harfiah, ideologi berarti ilmu mengenai pengertian dasar/ide. Dan pengertian ideologi berkembang menjadi: suatu paham mengenai seperangkat nilai atau pemikiran yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menjadi pegangan hidup.
Pengertian Ideologi menurut para ahli :
1.      Menurut Patrick Corbett
Ideologi merupakan struktur kejiwaan yang tersusun oleh seperangkat keyakinan mengenai penyelenggaraan hidup bermasyarakat beserta pengorganisasiannya.
2.      Menurut A.S. Hornby
Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan  teori ekonomi dan politik atau yang dipegangi oleh seseorang atau sekelompok orang.
3.      Menurut Soejono Soemargono
Ideologi merupakan  kumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut bidang: politik, sosial, kebudayaan, dan agama.
4.      Menurut Gunawan Setiardja
Ideologi merupakan seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
Fungsi Ideologi:
1.      Sebagai tujuan atau cita-cita yang hendak dicapai bersama oleh suatu masyarakat. Nilai yang terkandung dalam ideologi menjadi cita-cita atau tujuan yang hendak diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.      Sebagai pemersatu masyarakat dan juga menjadi prosedur penyelesaian konflik yang terjadi di dalam masyarakat. Nilai dalam ideologi merupakan nilai yang disepakati bersama sehingga dapat mempersatukan masyarakat itu, serta nilai bersama tersebut dijadikan acuan bagi penyelesaian suatu masalah yang mungkin timbul dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan.
-----------------------
Materi pendukung :

0 komentar:

Posting Komentar