Sabtu, 11 Februari 2012

Menjalankan Usaha Kecil 3


Menerapkan fungsi manajemen pengelolaan usaha POAC) (planning, organizing, actuating, controlling) kedalam aspek :

5.  Manajemen Administrasi

Administrasi adalah kegiatan ketatausahaan, yang meliputi kegaiatan menghimpun informasi, mengolah data, memperbanyak atau menggandakan data, mendistribusikan data, menyimpan serta mengarsip data yang penting dan memusnahkannya. Ada juga yang mengartikan, administrasi adalah proses kerja sama yang dilakukan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Didalam administrasi ada 3 faktor yang harus diperhatikan, yaitu:
a.       Sekelompok orang
b.       Adanya proses kerja sama
c.        Adanya tujuan yang harus dicapai
Menurut G.R. Terry, manajemen administrasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan kantor, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen administrasi dapat diartikan pula sebagai manajemen yang menjelaskan bagaimana cara mengatur / mengelola kantor agar tercipta kelancaran kegiatan administrasi.
Dalam merekrut sumber daya manusia dalam hal ini tenaga kerja, perusahaan harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.       Jabatan yang akan diisi
b.       Kriteria yang diperlukan
c.        Pengalaman yang dimiliki
d.       Pengetahuan yang dimiliki
e.       Kompetensi yang sesuai
f.         Serta self image/penampilan
Selain hal tersebut, dalam menyusun administrasi juga perlu diperhatikan aspek-aspek lain, seperti:
a.       Organisasi
b.       Manajemen
c.        Komunikasi
d.       Kepegawaian
e.       Keuangan
f.         Perbekalan (logistik)
g.       Tata usaha dan hubungan dengan masyarakat
Dalam pengelolaan usaha, seorang wirausaha perlu mempersiapkan juga komponen berikut:
a.     Hardware (perangkat keras), berupa alat-alat atau mesin, bisa juga perlengkapan kantor seperti ATK dan furniture nya.
b.     Software (perangkat lunak), berupa surat-surat, dokumen keuangan dan form2 lainnya.
c.     Brainware (user), berupa kesiapan sumber daya manusia untuk mendukung perangkat lainnya.
Selain unsur-unsur tersebut, dalam administrasi harus disiapkan perangkat lainynya, seperti:
a.       Buku pencatatan keuangan
b.       Laporan keuangan dan neraca
c.        Buku pembelian dan penjualan
d.       Buku kas masuk dan keluar
e.       Buku utang dan piutang

6. Manajemen Pemasaran Produk

Pemasaran mengandung arti semua kegaiatn yang berhubungan dengan arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Bidang manajemen pemasaran menitikberatkan pada kegiatan bagaimana meraih pasar dan bagaimana caranya agar barang atau jasa yang dihasilkan tetap disenangi dan dibeli oleh konsumen.
Proses manajemen pemasaran menurut Philip Kotler terdiri atas :
a.       Pengorganisasian proses perencanaan pemasaran
b.       Penganalisisan peluang
c.        Pemilihan pasar sasaran
d.       Pengembangan marketing mix, yang meliputi 4P (product, place, promotion, dan price)
Proses pemasaran tersebut menunjukkan bahwa dalam manajemen pemasaran perlu dilakukan analisis lingkungan pemasaran, analisis pesaing, dan analisis pelaku pasar.
Unsur-unsur dalam memasarkan produk, diantaranya:
a.     Meneliti pasar
b.     Sistem pemasaran produk
c.     Kebijaksanaan produksi
d.     Pengemasan dan pengepakan produk
e.     Kebijaksanaan harga produk
f.      Saluran distribusi produk
g.     Promosi penjualan produk

2 komentar:

arie mengatakan...

materinya yang mana pa???
@arie xii mm

Wahyu Hidayat mengatakan...

Materi yang evaluasi usaha dan keberagaman budaya lokal

Posting Komentar