Minggu, 04 Maret 2012

Pelaku Ekonomi dan Interaksinya


1.   Para Pelaku Ekonomi
Pada umumnya kegiatan utama para pelaku ekonomi yaitu memproduksi, mendistribusi, dan mengkonsumsi . Pelaku ekonomi tersebut memiliki kegiatan-kegiatan yang umumnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan atau memberikan kepuasan kepada anggota-anggota subjek ekonomi tersebut. Ada 4 kelompok pelaku ekonomi, yaitu :
a.       Rumah Tangga Konsumsi
Rumah Tangga Konsumsi (RTK) para individu (orang-orang) secara sendiri-sendiri dalam kelompok keluarga yang memerlukan barang-barang jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
b.       Rumah Tangga Perusahaan
Perusahaan atau produsen disebut rumah tangga perusahaan (RTP) adalah organisasi komersial yang mempunyai kegiatan utama dalam memproduksi barang-barang / jasa dan mendistribusikanya pada konsumen.
c.       Rumah Tangga Negara/Pemerintah
Pemerintah atau Rumah Tangga Negara (RTN) terdiri atas para individu perusahaan pemerintah. Pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengatur perekonomian untuk menjaga kestabilan ekonom dan mencegah kekacauan. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah sbb:
1)       Mengatur kegiatan ekonomi
2)       Berperan sebagai konsumen
3)       Berperan sebagai produsen
d.       Masyarakat Luar Negeri
Subjek luar negeri / Masyarakat Luar Negeri (MLN) terdiri atas para individu, perusahaan, pemerintah dan Negara-negara lalu yang mempunyai hubungan perdagangan dengan Negara kita.
a.       Peran dan interaksi konsumsi
Berkaitan dengan kegiatan ekonomi secara kelompok rumah tangga konsumsi mempunyai peran yang besar dalam menunjang keberhasilan produksi dan distribusi yang dijalankan.
b.       Produsen /perusahaan pada umunya dapat memberikan manfaat pada berbagai pihak antara lain :
1.     Menyediakan barang /jasa untuk konsumsi
2.     Memberikan kesempatan kerja pada masyarakat
3.     Memberikan kesempatan untuk berinvestasi
4.     Menjadi sumber pemasukan uang bagi negara dari pihak dan retribusi yang dibayarkan pada negara.
c.        Peran dan interaksi Pemerintah / Negara
Untuk menjalankan tugas kepemerintahanya, pemerintah memerlukan dana. Bagian terbesar penerima adalah dari sector pajak. Semua penerimaan tersebut digunakan untuk membiayai pelaksanaan tugasnya. Pemerintah harus berperan sebagai fasilitas untuk mewujudkan kemajuan perekonomian dan kemakmuran. Sebagaimana didambakan masyarakat banyak pemerintah (Negara) harus melaksanakan berbagai kewajiban bagi masyarakat. Pemerintah dan pengeluaran negara diproyeksikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara, yang fungsinya tidak hanya menerima dan mengeluarkan saja tetapi dapat digunakan untuk menjalankan redistribusi pendapatan mendorong pertumbuhan pendapatan nasional sehingga laju perekonomian masyarakat menjadi lebih baik dan stabil.  
d.       Peran dan interaksi masyarakat luar negeri
Tiap-tiap Negara mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam produksi barang atau jasa. Kelebihan masing-masing Negara dialirkan (diekspor) ke Negara lainya yang mempunyai kekurangan melalui perdagangan antar Negara tau disebut sebagai perdagangan internasional.

0 komentar:

Posting Komentar